Minggu, 18 November 2012

Roti Manis Keju

Duluuu dah lama sekali, pernah nyoba bikin roti, dan ngga sukses, lengket-lengket, hasil akhirnya rotinya keras, trus sejak itu kapok ga pernah mau coba lagi. Kali ini kalau bukan karena ngiler ngliat laporan NCCBW yang bagus-bagus, pasti dah ga da niatan bikin roti lagi...Akhirnya tertarik juga, bongkar bongkar resep, ketemu buku Roti Favorit Budi Sutomo. Aku coba resep yang mudah dulu, Roti Manis Tabur keju, ngikutin resepnya plek, cuman bikinnya 1/8 resep (supaya bisa dibikin pake handmixer philips, terigu 250 gr, plus pake otot lengan juga seh supaya cepet kalis, itung-itung olahraga dikit, he..he..)
Trus hasilnya gimana?? Kata papanya krucil, rotinya kaya roti B****t***, xi..xi..xi..beneran ga yah? hmmm, tapi memang hasil akhirnya rotinya lembut, enaak banget...Senangnya, akhirnya sukses juga menaklukkan kutukan roti..
Resep Roti Manis Keju
(dari buku Roti Favorit Budi Sutomo, Penerbit Puspa Swara, 2007, hal 78)
Bahan (semua bahan aku bagi 8):
Tepung terigu protein tinggi 2 kg (aku pakai 250 gr)
Gula pasir 450 gr (-->57 gr)
Ragi instan 40 gr (-->5 gr)
Telur 175 gr (--> mestinya 22 gr, tapi aku pakai 1 telur , kira-kira 46 gr)
Garam halus 25 gr (-->3 gr)
Air Es 300 ml (--> 37,5 ml)
Susu tawar cair 600 ml (--> 75 ml)
Margarin/mentega 325 gr (--> 41 gr)
Isi : Keju cheddar (potong kecil-kecil memanjang)
Olesan : Kuning telur + margarin
Taburan : keju cheddar

Cara Membuat : 
1. Campur tepung terigu, gula pasir, ragi instan, telur, dan garam dalam mangkuk adonan. Mikser dengan speed 1 selama 2 menit. Masukkan air es, susu tawar cair, dan margarin/mentega. Mikser lagi dengan speed 2 selama 12 menit atau sampai kalis. Pengadukan juga bisa dengan tangan
2. Bulatkan adonan, diamkan selama 25 menit, kempeskan, potong-potong, timbang, masing-masing seberat 40gr, bulatkan dan diamkan 15 menit di tempat hangat
3. Giling adonan, dan bentuk bulat pipih, isi dengan keju cheddar, bulatkan, letakkan di loyang muffin
4. Fermentasikan selama 45- 60 menit, olesi bahan olesan, taburi keju cheddar

5. Panggang dalam oven 200 derajat Celcius selama 10-15 menit atau hingga roti matang (sebelumnya panaskan dulu oven selama 5 - 10 menit ya..)
6. Hmmm...siap dimakan...roti hangat.

salam,
niza/lia MGC

0 komentar:

Posting Komentar